10 Desember 2019   13:22 WIB

SELAMAT, 12 KADES TERPILIH AKHIRNYA DILANTIK BUPATI BLORA

BLORA. Setelah dinyatakan unggul dan terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 242 Desa se Kabupaten Blora pada awal bulan Agustus silam, sebanyak 12 Kades akhirnya dilantik Bupati Djoko Nugroho, hari ini, Senin (9/12/2019).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho di Pendopo Rumah Dinas nya disaksikan jajaran Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK, para Kepala OPD terkait, dan para Camat. Tampak hadir juga para anggota keluarga Kades yang dilantik.

Pelantikan dilaksanakan berdasarkan SK Bupati Blora Nomor. 141.1/1437 sampai dengan 1660 tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Terpilih Kabupaten Blora Tahun 2019. Sebanyak 12 Kades teprilih yang dilantik, diambil sumpah jabatannya sesuai agamanya masing-masing.

“Selamat kepada 12 Kades yang baru saja dilantik. Ini merupakan pelantikan tahap ketiga atau tahap terakhir dari hasil Pilkades Serentak awal Agustus lalu. Selamat bertugas untuk mengabdikan diri kepada masyarakat,” ucap Bupati.

Bupati, dari 242 Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak pada 4 Agustus lalu, Kades yang terpilih dilantik dalam tiga tahap. Tahap pertama dilantik pada tanggal 17 Agustus 2019 untuk para Kades Petahana yang terpilih kembali, sejumlah 105 Kades.

Sedangkan tahap kedua sebanyak 125 Kades Terpilih dilantik pada tanggal 19 September 2019. Sisanya 12 Kades terpilih dilantik hari ini karena masa jabatan Kades sebelumnya baru habis bulan Desember.

Dalam kesempatan itu Bupati menegaskan bahwa dibentuknya UU Desa oleh Pemerintah Pusat salah satunya agar pembangunan bisa dimulai dari desa, dari wilayah pinggiran dengan adanya Dana Desa. Dari Dana Desa inilah, diharapkan proyek pembangunan dilaksanakan langsung oleh masyarakat sehingga menekan tingkat urbanisasi.

“Pak Kades, Bu Kades harus bisa menggunakan Dana Desa nya untuk membangun desa. Jika pembangunan desa bisa melibatkan warga jenengan semuanya. Maka akan semakin banyak tenaga kerja yang terserap, sehingga pengangguran berkurang, urbanisasi turun, desa semakin maju. Ini yang diharapkan kita semuanya,” lanjut Bupati.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat, penyerahan SK Pelantikan, dan sesi foto bersama antara Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, dengan masing-masing Kades beserta keluarga.

12 Kades yang dilantik adalah Kades Kedungsatriyan (Kec.Ngawen) Samudi, Kades Jetak (Kec.Kunduran) Siti Fatimah, Kades Ngampon (Kec.Jepon) Soekirno, Kades Tutup (Kec.Tunjungan) Sungkowo, Kades Blumbangrejo (Kec.Kunduran) Sutikno, Kades Gondoriyo (Kecd.Todanan) Haryono, Kades Ngapus (Kec.Japah) Akhmad Supaedi.

Kemudian Kade Ketuwan (Kec.Kedungtuban) Muhtar, Kades Wado (Kec.Kedungtuban) Agung Supriyanto, Kades Getas (Kec.Kradenan) Subowo, Kades Tlogotuwung (Kec.Randublatung) Sriyanto, dan Kades Jeruk (Kec.Randublatung) Endah Supratno.

Muhtar, selaku Kades Ketuwan, Kecamatan Kedungtuban, mengaku senang karena bisa dilantik kembali sebagai Kepala Desa untuk kedua kalinya. Dirinya berharap bisa meningkatkan pengabdiannya untuk masyarakat Desa Ketuwan yang mayoritas terdiri dari petani. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab Blora)


Info