30 Desember 2019   15:24 WIB

AYO DOLAN BLORA, BERKELILING AGRO WISATA KAMPUNG DURIAN NGLAWUNGAN

BLORA. Ayo Dolan Blora..!!, tiga kata itu yang diucapkan Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si bersama Dandim, Wakapolres, para anggota Komisi D DPRD Kabupaten Blora dan Karang Taruna ketika usai makan durian yang legit di Agro Wisata Kampung Durian Nglawungan, Kecamatan Tunjungan, Selasa (24/12/2019) kemarin.

Wakil Bupati mengajak warga masyarakat untuk datang, berwisata, menikmati hasil kebun buah durian lokal asli Blora yang ada di Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan ini. Selain berwisata, juga merupakan wujud dukungan pengembangan buah lokal Blora.

“Durian kita rasanya tidak kalah dengan durian dari daerah lain. Legit, manis, seger. Pak Dandim yang asli Pati juga merasa senang dengan durian Blora. Enak banget. Meskipun ukurannya kecil tapi rasanya nendang. Ayo piknik ke Kampung Durian Nglawungan mumpung musim panen dan pas liburan sekolah dan akhir tahun,” ucap Wakil Bupati.

Di kebun seluas 2 hektar lebih yang dimiliki oleh beberapa warga Dukuh Nglawungan ini, ternyata telah digarap sedemikian rupa menjadi kawasan wisata oleh pemerintah desa setempat bekerjasama dengan Karang Taruna. Sehingga sejak tahun lalu dibuka untuk umum dan tingkat kunjungannya semakin meningkat ketika musim panen tiba.

Di Kampung Durian ini, pengunjung bisa melakukan jogging track berkeliling kebun buah diantara rimbunnya pohon durian, kemudian bisa makan buah durian langsung di beberapa pondok yag ada di tengah kebun. Makan durian yang baru jatuh dari pohonnya, dijamin enak.

Untuk menuju lokasi Kampung Durian, pengunjung cukup menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Blora. Melalui Jl. Raya Blora-Purwodadi km 3, tepat di perempatan Maguan belok ke kanan (utara) sejauh 8 kilometer arah Tunjungan. Sesampainya di pertigaan Pasar Desa Tunjungan, pengunjung dipersilahkan belok kiri (arah barat) sejauh 2 kilometer dan akan disambut gapura Kampung Durian Nglawungan.

Kondisi jalan sebagian sudah rabat beton, sebagian aspal hotmix, dan masih ada yang bergelombang. Pemerintah Kabupaten Blora berkomitmen untuk menuntaskan perbaikan jalan agar akses menuju kawasan wisata Kampung Durian dan sekitarnya semakin baik.

“Kita berharap teman-teman dari DPRD yang hadir ini, juga bisa ikut mengawal agar pembangunan jalan rabat betonnya bisa tuntas tahun depan dari Maguan sampai Tunjungan. Guna mendukung pengembangan sektor pariwisata kita,” ungkap Wakil Bupati.

Kepala Desa Tunjungan, Yasir, menyambut positif dukungan Pemkab Blora untuk pengembangan wisata Kampung Durian di Dukuh Nglawungan. Menurutnya pihak desa terus mematangkan konsep wisata kampung durian ini bersama para karang taruna dan pemilik kebun.

“Kami berharap Desa Tunjungan bisa terus berkembang menjadi Desa Wisata unggulan di Kabupaten Blora. Pasalnya tidak hanya ada Kampung Durian saja, di desa kami juga ada Kebun Buah Greneng di dukuh Klapanan, kemudian daya tarik wisata Cemoro Pitu, dan wisata alam Waduk Greneng. Jadi kalau ke Tunjungan tidak hanya makan durian saja, namun juga bisa berwisata ke lokasi lainnya. Ayo dolan Blora, ayo dolan Tunjungan,” terang Yasir. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Blora)


Info