03 Maret 2020   11:52 WIB

RAIH PREDIKAT “B”, SEKDA INGIN KUALITAS SAKIP BLORA TERUS DITINGKATKAN

BLORA. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) kembali merilis Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2019 kepada pemerintah daerah dengan tajuk “SAKIP Award 2019” pada hari Senin (24/2/2020) lalu di Yogyakarta.

“SAKIP Award 2019” ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas keberhasilan pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Adapun hasil evaluasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Blora 2019 diterima oleh Sekda Komang Gede Irawadi, SE. M.Si. Yang mana, menurut Sekda, Kabupaten Blora menerima predikat “B” atas penyelenggaraan SAKIP 2019.

“Betul, Senin lalu kami mewakili Bapak Bupati, menerima piagam penghargaan SAKIP Award 2019 dari Pak Menteri PAN-RB didampingi Gubernur Ganjar Pranowo di Yogyakarta,” ucap Sekda ketika dihubungi Rabu (26/2/2020).

“Alhamdulillah Blora menerima predikat “B”. Meskipun “B” ini sudah baik, namun kami ingin kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah terus ditingkatkan agar tahun 2020 nanti memperoleh BB atau bisa A, bahkan AA seperti Pemprov DIY,” lanjut Sekda.

Menurut Sekda, saat penyerahan “SAKIP Award 2019” itu, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo berpesan agar daerah yang menerima predikat “B” untuk fokus pada upaya peningkatan ekfektivitas dan efisiensi anggaran melalui berbagai upaya.

“Seperti penyempurnaan cascading kinerja hingga level individu; penyelesaian target kinerja tingkat pemerintah daerah melalui kolaborasi seluruh OPD atau cross-cutting program; monitoring dan evaluasi berkala atas kinerja OPD untuk mendorong pencapaian kinerja; serta pemanfaatan aplikasi perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi,” terang Sekda, menyampaikan pesan MenPAN-RB.

Tujuannya agar pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

Untuk diketahui, penyerahan SAKIP Award 2019 di Yogyakarta itu dilakukan Kemen PAN-RB kepada 190 pemerintah daerah di wilayah III (baik Provinsi maupun Kabupaten), termasuk Blora.

Saat menerima “SAKIP Award 2019”, Sekda didampingi Asisten Administrasi, Inspektur Daerah, Kepala Bappeda, dan Kepala Bagian Organisasi Setda Blora. (Tim Liputan Prokompim Blora)


Info