08 November 2021   15:39 WIB

HWN 2021, PEMKAB DUKUNG PARA DALANG MUDA BLORA KEMBANGKAN POTENSINYA

BLORA. Memperingati Hari Wayang Nasional (HWN) 2021, Pemkab Blora pada hari Minggu (7/11/2021) kemarin hingga semalam melaksanakan pementasan wayang kulit pagelaran padat. Berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati, acara dihadiri langsung Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si.

 

Bupati pun mengapresiasi acara yang dilaksanakan oleh Paguyuban Dalang Muda Blora (Padamara), kerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora dan Dinporabudpar.

Adapun pementasan dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi pagi berupa Pakeliran padat dan sesi malam berupa Sandosa. Selain itu pementasan wayang juga disiarkan secara live streaming, sehingga masyarakat Blora dapat menyaksikan penampilan dari para dalang muda berbakat ini.

 

"Kita memperingati Hari Wayang Dunia yang jatuh pada 7 November, malam hari ini kita peringati dengan mengadakan kegiatan pagelaran wayang kulit yang mayoritas dalangnya adalah milenial" terang Bupati.

Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah akan terus mendukung dan memberikan ruang kepada generasi muda di Blora untuk mengembangkan kemampuan seninya, salah satunya dalam kesenian wayang.

 

"Kita akan terus memberikan ruang khususnya kepada adik-adik kita dalam rangka mengekspresikan kemampuan seninya yang sangat luar biasa ini" papar Bupati

 

"Semoga kegiatan ini bisa secara kontinyu, secara rutin bisa kita adakan. Bahkan tempatnya tidak hanya pendopo bupati kalau bisa kita gilir di kecamatan- kecamatan" sambungnya

Lanjutnya, Bupati mengapresiasi bahwasanya regenerasi dalang di Kab.Blora ini berjalan dengan baik, sehingga banyak menghasilkan dalang muda yang berbakat.

 

"Saya merasa bahagia bahwasanya regenerasi dalang dalang kita di Blora ini sungguh luar biasa. Ini patut kita apresiasi" tambahnya

 

Pihaknya juga memuji kreativitas para dalang muda yang mampu menampilkan kreasi pementasan wayang Sandosa yang menarik.

 

"Ini kreasi baru, kalau memang dalangnya milenial ini idenya pasti ada saja, ini idenya out of the box, kreasi yang luar biasa" ucapnya 

 

Sementara itu salah satu pengurus Pepadi, Sunaryo, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperingati hari wayang dunia. 

 

Sesi pagi menampilkan pementasan wayang pakeliran padet sementara pada malam hari menampilkan sandosa.

 

"Para dalang remaja di Kabupaten Blora ini membuat gebrakan, wayang sandosa, wayang bayangan di Blora baru kali ini diadakan (pementasannya)" ucapnya

 

Sebagai informasi, pementasan wayang tersebut melibatkan banyak dalang muda berbakat dari Kab Blora. Wayang Sandosa merupakan pementasan wayang dengan menggunakan lampu atau sumber pencahayaan sehingga mampu menampilkan bayangan.

 

Hadir dalam pagelaran wayang tersebut, perwakilan dari Dinporabudpar Kab. Blora serta para pegiat kesenian di Kab Blora.( Tim Liputan Prokompim)


Info