10 November 2021   21:34 WIB

GANJAR GROUND BREAKING TOWER AIR BERSIH DAN BAGIKAN KIS DI KAMPUNG SAMIN

BLORA. Berkah untuk sedulur sikep di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo. Bertepatan dengan Hari Pahlawan tahun 2021 ini, Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo SH., M.IP., bersama istri, didampingi Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si beserta istri, berkunjung ke Kampung Samin Karangpace wilayah tersebut.

 

Kedatangan orang nomor satu di Jawa Tengah ini untuk melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan menara air atau tower jaringan air bersih, dan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Setibanya di lokasi, kawasan hutan jati yang rindang, Gubernur didampingi Bupati dan Mbah Lasiyo sesepuh Kampung Samin Karangpace melakukan peletakan batu pertama pondasi menara air yang direkatkan dengan adukan semen.

 

Gubernur pun sempat memberikan pengarahan dan semangat kepada para pekerja serta masyarakat agar pembangunannya berjalan lancar. Yang mana tower ini nantinya akan digunakan untuk tempat penampungan air dari Embung Kedungsambi yang ditarik dengan pompa sebelum dialirkan ke rumah-rumah warga.

Rombongan kemudian berjalan sekitar 100 meter melalui jalan paving di tengah kawasan hutan jati menuju Pendopo Kampung Samin Karangpace. Disini Gubernur dan Bupati disambut dengan minuman khas berupa air kepala muda yang masih fresh oleh Mbah Lasiyo.

Dilanjutkan penyerahan KIS kepada warga setempat secara simbolis kepada 5 orang perwakilan. Diantaranya Mbah Waini, Mbah Jami, Mbah Saminah, Pak Seno dan Mbah Suratun. Kemudian dialog budaya diawali Mbah Lasiyo selaku sesepuh adat Kampung Samin Karangpace.

 

“Sebenarnya saya sudah lama ingin silahturahmi kesini lagi, bertemu Mbah Lasiyo. Nah ini mumpung pas ke Blora bertepatan dengan Hari Pahlawan maka kami sowan. Tadi kita kawal pembangunan tower untuk jaringan air bersih karena disini sering susah air ketika kemarau,” ucap Ganjar.

“Kita juga ajak warga lansia disini untuk ikut menyukseskan vaksinasi, utamanya kepada para lansia yang tadi kita bagikan kartu KIS. Alhamdulillah ternyata sudah vaksin tahap pertama, kami berharap kedepan bisa ikut lagi dosis kedua. Kita minta agar Pak Bupati dan seluruh jajarannya terus ikut mendorong vaksinasi ini. Sedulur Sikep bisa menjadi role model,” sambung Gubernur.

Gubernur juga meminta masyarakat sedulur sikep Samin di Klopoduwur terus semangat mempertahankan dan melestarikan kearifan lokalnya, termasuk menjaga kelestarian hutan di sekitarnya.

 

Adapun Bupati, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyatakan terimakasih atas perhatian Gubernur Jawa Tengah terhadap masyarakat sedulur sikep (samin) Karangpace yang dipimpin Mbah Lasiyo.

 

“Dengan bantuan pembangunan tower dan pipanisasi air bersih dari embung Kedungsambi, semoga kedepan kebutuhan air bersih bagi masyarakat sini bisa terbantu. Maturnuwun Pak Gubernur. Kami siap untuk mengawal pembangunannya, sesarengan mbangun Blora. Vaksinasi juga terus kita dorong bersama,” ucap Bupati.

 

Hal yang sama juga disampaikan Mbah Lasiyo, selain berterimakasih kepada Gubernur. Dirinya juga mendoakan agar kedepan Ganjar Pranowo bisa menjadi pemimpin yang sukses dan tidak lupa dengan masyarakat bawah.

 

“Kulo mboten saged pidato dangu-dangu, sing penting nggih maturnuwun lan dongakake supados Pak Gubernur semakin sukses anggenipun dados pemimpin lan tansah kelingan kalih warganipun. Donga dinonga, tansah sami-sami seger waras nggih Pak Gubernur,” ucap Mbah Lasiyo singkat.

 

Acara ditutup dengan ramah tamah sambil menikmati kuliner tradisional khas Sedulur Sikep Samin Karangpace, berupa nasi jagung dengan sayur lompong, oseng ikan asin, kerupuk dan peyek disajikan dengan pincuk daun jati.

 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., jajaran Forkopimda, OPD terkait, Forkopimcam Banjarejo, Kades Klopoduwur dan masyarakat sedulur sikep setempat. (Tim Liputan Prokompim)


Info