17 Januari 2022   18:33 WIB

GANDENG PUSDATIN KEMENDIKBUDRISTEK, BUPATI DORONG KASEK KUASAI DIGITAL LEADERSHIP

JAKARTA. Peningkatan kualitas pendidikan bagi generasi muda di Kabupaten Blora menjadi salah satu perhatian Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si bersama Wakilnya Tri Yuli Setyowati, ST., MM. Tidak hanya fasilitas, namun juga kualitas manajemen pendidikannya. 

 

Untuk itu, para Kepala Sekolah (Kasek) di Kabupaten Blora diajak Bupati belajar langsung tentang peningkatan manajemen pengelolaan pendidikan berbasis teknologi informasi ke Pusat Data dan Teknologi Informasi (PUSDATIN) milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Seperti yang dilaksanakan pada hari Jumat (14/1/2022) kemarin puluhan Kasek SMP sederajat dari Kabupaten Blora dengan didampingi Bupati dan Wakil Bupati, diterima langsung oleh Kepala PUSDATIN Kemendikbudristek, Dr. Muhammad Hasan Chabibie untuk mempelajari digital leadership pada dunia pendidikan. 

 

"Adanya pandemi membuat kita semua harus berubah menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Pelaksanaan pendidikan yang tidak bisa dipisahkan dengan kemajuan teknologi juga harus dilakukan. Oleh sebab itu kami rasa digital leadership bagi para kepala sekolah sangatlah penting," ujar Kepala PUSDATIN, M Hasan Chabibie. 

Menurutnya, PUSDATIN siap untuk membantu Kabupaten Blora dalam hal transfer ilmu ini. Apalagi Mas Menteri juga telah mempercayakan kepada PUSDATIN untuk mengawal pelaksanaan pendidikan berbasis teknologi informasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk pengelolaan bantuan kuota internet gratis untuk pembelajaran.

 

"Maturnuwun Pak Bupati sudah hadir ke Pusdatin. Pak Bupati merupakan teman lama saya sejak kuliah, yang sekarang sukses menjadi pimpinan daerah. InshaAllah Pusdatin siap membantu Blora, disini juga ada 3 pegawai Pusdatin asli Blora. Kita siap untuk bersama sama memajukan kualitas pelaksanaan pendidikan," ungkap M Hasan Chabibie. 

Sementara itu, Bupati Arief mengapresiasi sambutan hangat Kepala PUSDATIN yang sudah menerima rombongan dengan baik dan siap membantu Kabupaten Blora.

 

"Maturnuwun Gus Hasan Chabibie, teman seperjuangan yang kini sukses menjadi eselon 2 di Kemendikbudristek. Kali ini kita ajak Kasek SMP dahulu untuk belajar kesini, kedepan akan kita ajak Kepala SMA/SMK. Semuanya harus paham digital leadership, dan penguasaan data kependidikan yang saat ini juga disajikan secara digital," ungkap Bupati.

Menurut Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini, kedepan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Blora juga harus bertransformasi ke era digital. Semua data dan pengambilan kebijakan akan disajikan secara online, sehingga prosesnya akan lebih cepat dan mudah. 

 

"Kita telah bekerjasama dengan Universitas Telkom, Telkom Indonesia, sampai dapat hibah e-Sakip dan e-goverment dari Sumedang. Akan segera kita laksanakan bersama. Sedangkan di sektor pendidikan kita gandeng PUSDATIN Kemendikbudristek ini. Semoga kedepan kita dapat bekerjasama. Jika perlu MoU akan kita susun dokumennya," terang Bupati. 

 

Turut hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., pengurus MKKS SMP Kabupaten Blora, dan para kepala sekolah. (Tim Liputan Prokompim Blora)


Info