10 Februari 2022   14:29 WIB

RAPAT EVALUASI AKHIR BULAN, BUPATI MINTA OPD LAKUKAN PEMBENAHAN UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN

RAPAT EVALUASI AKHIR BULAN, BUPATI MINTA OPD LAKUKAN PEMBENAHAN UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN

RAPAT EVALUASI AKHIR BULAN, BUPATI MINTA OPD LAKUKAN PEMBENAHAN UNTUK PERCEPATAN PEMBANGUNAN

BLORA- Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi akhir bulan dengan Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Blora, di Ruang Pertemuan Setda, Senin (31/1/2022).

Dalam rapat tersebut, Inspektur Daerah Kabupaten Blora Drs Sugiyono, M.Si turut memaparkan hasil survei Ombudsman terkait penilaian kepatuhan standar pelayanan publik. 

Usai pemaparan tersebut, Bupati pun mengungkapkan akan terus mendorong jajarannya dalam meningkatkan standar dan kualitas pelayanan menjadi lebih baik.

“Terkait dengan penilaian Ombudsman tadi jadi memang terkait standarnya ini, nanti tolong kita undang juga Ombudsman untuk memberikan arahan kepada semua OPD kita” terangnya

“Kalau perlu kita belajar kepada kabupaten yang peringkat atas, biar kita tahu bagaimana mereka bisa meraihnya, dan kita bisa belajar dari itu” ucapnya. 

Pada rapat tersebut, Bupati juga menyampaikan beberapa arahan kepada seluruh perangkat daerah dan camat untuk segera melakukan percepatan. 

Pihaknya juga meminta kepada Sekda untuk membuat perencanaan terkait penyerapan anggaran, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, Bupati juga mendorong adanya digitalisasi di lingkungan Pemkab Blora. Termasuk mendorong penggunaan e-office dan tanda tangan elektronik (TTE).

“Terkait dengan digitalisasi, e-office dan sebagainya, beberapa saya lihat OPD sudah menerapkan TTE ini saya harap ini nanti bisa dilkakukan OPD lainnya” ucapnya. 

Kemudian Bupati menargetkan agar command center segera terealisasikan di Bulan Februari ini. Juga agar adanya kanal aduan online.

“Target kita  untuk Dinas Kominfo, command center kalau bisa Februari akhir itu sudah bisa di launching” paparnya. 

“Tolong Kominfo dengan Prokompim untuk merumuskan aduan yang online juga melalui medsos dan sebagainya untuk menjadi perhatian” imbuhnya. 

Termasuk, Bupati berharap agar pada tahun ini Kabupaten Blora bisa kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Pak Sekda tolong disiapkan terkait dengan laporan adminstrasi dan sebagainya untuk target bahwasanya kita bisa untuk WTP . Ini mohon untuk menjadi catatan dan perhatian kita” ungkapnya. 

“Selain itu, untuk adminstrasi semua tolong disiapkan di 2021, kita menyongsong untuk 2022” tambahnya. 

Sementara itu Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM berharap agar kegiatan-kegiatan yang ada untuk bisa segera dilakukan.

“Kita berharap Bulan Januari ini sudah ada perencanaan di unit masing-masing terkait dengan kegiatan-kegiatan. Sehingga bisa segera dilaksanakan percepatan” terangnya. 

Pihaknya juga berpesan agar kegiatan-kegiatan di tiap OPD harus jelas target capaiannya. Termasuk adanya target penyerapan anggaran.

“Saya berharap kegiatan yang ada di OPD masing-masing  anggarannya jelas, sasaranya jelas, dan target berapa persen harus jelas” ungkapnya. 

Rapat tersebut diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Asisten II, III, Sekda Blora, Seluruh Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Blora. (Tim Liputan Prokompim)


Info