10 Februari 2022   14:52 WIB

DIAWALI DARI CUNGKUP, BLORA MENYAPA AKAN RUTIN DIGELAR KE DESA-DESA

DIAWALI DARI CUNGKUP, BLORA MENYAPA AKAN RUTIN DIGELAR KE DESA-DESA

DIAWALI DARI CUNGKUP, BLORA MENYAPA AKAN RUTIN DIGELAR KE DESA-DESA

BLORA. Kegiatan “Blora Menyapa” untuk menjaring aspirasi masyarakat di tingkat bawah mulai dilaksanakan oleh Bupati dan Forkopimda hari ini, Jumat (4/2/2022), di Desa Cungkup, Kecamatan Kunduran. Bupati H. Arief Rohman, S.IP. M.Si., hadir langsung bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Kapolres AKBP Aan Hardiansyah, SH., MH., dan Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Andy Soelistyo KP, S.Sos., M.Tr (Han).

Setibanya di Balaidesa Cungkup, keempatnya membuka ruang dialog dan diskusi dengan masyarakat, sekaligus menyerahkan bantuan sosial. Berupa paket sembako kepada masyarakat kurang mampu dan lansia, bantuan rehab tempat ibadah, hingga mushaf Al Quran untuk masjid desa.

Tampak hadir para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Kepala OPD terkait, Forkopimcam Kunduran, dan Kepala Desa sekitar.

Adapun Kepala Desa Cungkup, Yoyok Adi Nugroho, mengungkapkan rasa senangnya karena wilayah yang ia pimpin didatangi para pimpinan Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah sebuah kehormatan bagi warga Desa Cungkup bisa kerawuhan Pak Bupati, Bu Wakil Bupati, lengkap dengan Kapolres dan Dandim. Desa kami ini bisa dibilang pinggiran, karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Grobogan. Semoga kedatangan beliau-beliau ini bisa memberkahi desa kami,” ucap Yoyok.

Dalam kesempatan ini, dirinya berharap pembangunan infrastruktur jalan kabupaten yang ada di desanya bisa diteruskan agar akses menuju wilayah Kabupaten Grobogan semakin baik. Karena banyak warga Banjarejo, Grobogan yang beraktifitas ekonomi ke Ngronggah melewati Cungkup.

“Saya dapat kabar jika tahun 2022 ini dapat anggaran 3 miliar dari Pemkab untuk pembangunan jalan kabupaten yang menghubungkan Cungkup ke batas Kabupaten Grobogan, tapi belum tahu dapat berapa meter yang dibangun dengan pagu sebesar itu. Kami berharap jika belum cukup untuk membangun jalan dari Ngronggah - Cungkup hingga batas Grobogan, bisa ditambah lagi dari APBD 2023 atau perubahan APBD 2022,” ujar Kades Yoyok.

“Melalui kegiatan Blora Menyapa ini kita bersama masyarakat jadi lebih dekat dengan pimpinan dan bisa menyampaikan usulan pembangunan. Semoga bisa terus dilakukan nggih Pak Bupati,” tambahnya.

Sementara itu, Mbah Pasinem (75) warga Cungkup yang menerima bantuan sembako dari Bupati mengucapkan terimakasih dan menyatakan bahwa dirinya sudah ikut vaksinasi sampai dua kali.

“Maturnuwun Pak Bupati, Bu Wakil Bupati, Pak Polisi, Pak Tentara atas bantuannya. Semoga jenengan semua diberikan murah rezeki dan sehat. Kula sampun vaksin ping kalih,” ucap Pasinem.

Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pun merasa senang bisa memulai pelaksanaan kegiatan “Blora Menyapa” ini dari Desa Cungkup, Kecamatan Kunduran.

“Ya hari ini kita resmikan kegiatan Blora Menyapa dari desa paling barat yang berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Ini sebagai upaya kita untuk membuka ruang diskusi bersama masyarakat desa, menjalin silahturahmi sekaligus menyerap usulan pembangunan untuk Sesarengan mBangun Blora,” terang Bupati.

“Kita ajak juga beberapa Kepala Dinas terkait untuk bisa ikut memberikan pengarahan ketika ada permasalahan di tingkat desa. Seperti di Desa Cungkup ini, usulannya adalah pembangunan infrastruktur jalan. Maka kita ajak Kepala Dinas PUPR, ada Pak Samgautama,” sambung Bupati.

Dirinya menyampaikan bahwa benar sektor infrastruktur sedang menjadi fokus kepemimpinannya di tahun 2022 ini.

“Kita tampung usulannya, nanti biar dihitung oleh DPUPR untuk Cungkup ini butuh anggaran berapa agar tuntas sampai batas Grobogan. Sedangkan jalan Kunduran sampai perempatan Pasar Ngronggah (arah Cungkup) rencananya akan kita tuntaskan di 2022 ini. Sedangkan Ngronggah ke selatan sampai Doplang semoga bisa kita teruskan di tahun berikutnya, bertahap,” lanjut Bupati.

Kegiatan “Blora Menyapa” ini menurut Bupati akan terus dilakukan dua minggu sekali menyasar desa-desa lainnya di 16 Kecamatan se Kabupaten Blora.

“InshaAllah Blora Menyapa akan hadir dua minggu sekali ke desa-desa bersama Forkopimda seperti ini. Mohon doanya agar bisa terlaksana dengan lancar. Yang penting kita semuanya harus sehat, jangan abaikan protokol kesehatan,” pungkas Bupati.

Usai dari Balaidesa, Bupati dan rombongan berkesempatan mengikuti sholat jumat bersama di Masjid Desa Cungkup, berdialog dengan para jamaah setelah sholat jumat, dan membagikan nasi kota “Jumat Berbagi” kepada para jamaah, bersama Kapolres dan Dandim. (Tim Liputan Prokompim Blora)


Info