10 Februari 2022   15:04 WIB

WABUP HARAPKAN MAKIN BANYAK SDM LOKAL BISA IKUT BERPERAN MAJUKAN INDUSTRI MIGAS DI DAERAH 

BLORA -  Pelatihan Program Bantuan Masyarakat dari Kementerian ESDM RI kembali dilaksanakan di PPSDM Migas Cepu. Para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia akan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 7 s.d 25 Februari 2022 ini. Setelah itu, dilanjutkan ujian sertifikasi tanggal 1 s.d 2 Maret 2022 I PPSDM Migas Cepu.

Pada gelombang kedua di tahun 2022 ini, pelatihan difokuskan pada operator scaffolding, operator pesawat angkat unit kran mobil, teknisi listrik migas level teknisi sistem utilitas, dan Petugas Penanganan Bahaya Gas H2S.

Pelatihan ini terselenggara dengan DIPA PPSDM Migas Tahun Anggaran 2022 dengan nomor Order Pelaksanaan Kegiatan No. 02/OPK/BPMPP/I/2022.

Para peserta pelatihan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Blora, Tuban, Bojonegoro, Gresik, Cilacap,  Indramayu. Kemudian, dari  Natuna, Sorong, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Bengkalis, Kampar, Lhoksumawe, Jabung Tanjung Barat, Rokan Hilir, Prabumulih, Balikpapan, Tarakan, Tabalong, Kepulauan Aru, dan Teluk Bintuni.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM berkesempatan hadir mewakili Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dalam acara pembukaan pelatihan tersebut, Senin (7/2/2022) di Aula Lt. 3 PPSDM Migas Cepu, Blora.

Dirinya menyambut baik dibukanya kembali pelatihan ini, pasalnya Industri migas harus didukung oleh sumber daya manusia yang terlatih dan kompeten.

“Industri migas, merupakan tknologi, resiko, dan biaya yang tinggi, seiring berkembangnya industri migas di berbagai daerah seperti Blora, Bojonegoro, Tuban dan berbagai daerah lainnya maka perlu didukung SDM yang handal dan kompeten  maka platihan-pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan anak-anak kita” ungkapnya

Disampaikan Wabup, adanya pelatihan ini mampu mendukung terciptanya SDM lokal yang berkualitas dan memiliki sertifikat keahlian, sehingga bisa ikut berperan dalam membangun daerahnya.

 “Saya berharap semakin banyak SDM lokal yang terlatih dan bersertifikat sehingga mereka bisa mengmbil peran dalam memajukan industri migas di daerah masing-masing” papar Wabup. 

“Saya berharap pelatihan ini dapat berkelanjutan dan kuotanya dapat terus ditingkatkan” imbuhnya

Wabup mengapresiasi adanya pelatihan yang diselenggerakan oleh PPSDM Migas, menurutnya program tersebut bermanfaat.

“Atas nama pribadi dan Pemkab Blora kami menyampaikan apresiasi kepada Kementerian ESDM RI, khususnya melalui PPSDM Migas yang telah menyelenggarakan platihan-pelatihan dalam rangka meningatkan kemampuan SDM anak-anak kita diseluruh nusantara” jelasnya

Pihaknya berpesan kepada peserta pelatihan agar memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin untuk memperoleh bekal ilmu yang banyak.

“Saya berharap anda mnjadi tenaga yang profesional, seraplah ilmu yang diberikan pengajar dalam pelatihan ini” pungkasnya. 

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Pengembangan SDM, FX Yudi Triyanto, mewakili Kepala PPSDM Migas Cepu Tunggul Waskito, menyampaikan bahwa kebutuhan tenaga kerja yang kompeten sangat ditunggu oleh industri.

“Kebutuhan akan tenaga kerja yang kompeten sangat ditunggu oleh pasar, oleh industri baik di bidang migas, maupun diluar bidang migas.

Dikatakannya, dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  sumber daya manusia khususnya di bidang migas untuk masyarakat, Kementrian ESDM menyelenggarakan program pelatihan dan sertifiksi kompetensi tanpa dipungut biaya apapun, yang sasaranya juga untuk masyarakat di sekitar lokasi kegiatan industri migas.

“Salah satu langkah penting yang dapat digunakan untuk memastikan kompetensi seseorang yaitu melalui pelatihan khusus dan dibuktikan dengan kepemilikan sertifikasi kompetensi” paparnya

“Dengan sertifikasi maka keahlian sesorang dibidangnya telah memenuhi kriteria dan standar nilai tertentu yang telah ditetapkan lembaga atau departemen terkait” sambungnya

Pihaknya berharap, agar adanya pelatihan tersebut nantinya bisa mencetak semakin banyak tenaga kerja yang handal.

“Semoga pelatihan dan sertifikasi ini dapat memberikan kebermanfaatan yang optimal dan awal bagi anak-anak kita untuk menjadi tenaga kerja yang handal dan kompeten dibidangnya” pungkasnya

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala UPTD BLK Kab Indramayu, Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kab. Seram Bagian Timur, Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Prabumulih, Sekretaris Dinas  Ketenagakerjaan dan Perindustrian Cilacap, Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab Bojonegoro, Danramil Cepu, pejabat struktural dan fungsional PPSDM Migas Cepu (Tim Liputan Prokompim)


Info