10 Februari 2022   15:06 WIB

WABUP HARAPKAN MAKIN BANYAK UMKM BERINOVASI LEWAT PELATIHAN DEA 

BLORA - Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Blora yang diselenggarakan oleh BPSDMP Kominfo Yogyakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora, bertempat di Same Hotel Cepu, Senin (7/2/2022). 

Rencananya, pelatihan akan diselenggarakan selama dua hari yakni mulai tanggal 7 s.d 8 Februari 2022. Pelatihan tersebut merupakan salah satu  bagian dari Digital Talent Scholarship (DTS) Kemenkominfo RI. Adapun pelatihan DEA kali ini mengusung tema terkait pengelolaan keuangan digital.

Wabup menyampaikan apresiasinya atas adanya program pelatihan-pelatihan dari Kominfo, yang salah satunya adalah program pelatihan DEA kali ini.

“Mewakili Bapak Bupati, kami ucapkan terimakasih banyak Kementerian Kominfo yang sudah berkomitmen dengan kami dengan kuota pelatihan sebanyak 5000 di Blora ini bagaimana nanti panjenengan memberikan pelatihan bagi masyarakat kami agar mereka bisa semakin cakap digital” terangnya

Dijelaskannya, bahwa pelatihan DEA tersebut sangat bermanfaat bagi para generasi muda dan para pelaku usaha UMKM khususnya.

Sehingga mereka bisa untuk terus berinovasi dan bersaing,seiring dengan perkembangan teknologi, termasuk agar bisa melakukan pengelolaan keuangan digital dengan baik.

“Bahwa data UMKM kami ada 13 ribu, kuota baru 5 ribu, di tahun 2022 ada kuota 200 ribu se Indonesia, dan kami sudah kebagian 5 ribu. Semoga ini bisa terjalin terus dan harapan nanti di tahun 2023 semoga Blora kedepan bisa nambah jadi 10 ribu”terangnya

“Sehingga para pelaku UMKM di Blora ini bisa melek teknologi dan usaha mereka mampu tumbuh” imbuhnya

Wabup berharap, agar pelatihan ini mampu mendorong para pelaku UMKM bisa memanfaatkan peluang teknologi dalam meajukan bisnis dan berusaha.

“Hal ini manfaatnya memang kami rasakan, terutama  saudara-saudara saya yang ada di UMKM, termasuk skema pegelolaan keuangan digital ini sangat penting. Saya juga berkeinginan agar semakin banyak  pelaku UMKM mendapatkan pelatihan terkait digitalisasi” imbuhnya

“Semoga dengan kehadiran BPSDMP Yogyakarta ini bisa menambah ilmu bagi masyarakat kami yang ada di Kabupaten Blora”

Plt Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, Suwarto, SH, M.P.A menjelaskan bahwa untuk melaksanakan kegiatan pelatihan ini membutuhkan dukungan dari pemerintah kabupaten Blora.

“Ini targetnya di Kabupaten Blora sebanyak 5 ribu kuota, kegiatan ini akan dilaksankan pada 7 s.d 8 Februari 2022. Kami mohon dukungan bapak ibuk pimpinan disini untuk brsama-sama bisa mencapai angka 5 ribu tersebut” 

“Untuk mencapai target tersebut, kami Kemenkominfo tidak bsa jalan sendiri, sehingga harus bekerjasama dengan daerah yaitu melalaui program nota kesepaktan yang sudah kami laksanakan di tiga wilayah yaitu di Blora, Tegal, kemudian di surakarta” ucapnya

Sebagai informasi, pada pelatihan kali ini diikuti oleh sekitar 125 peserta yang telah diseleksi dari 255 pendaftar. Pemateri dalam pelatihan tersebut akan menghadirkan dari kalangan akademisi hingga praktisi. 

 Kemudian, adapun program beasiswa dari Kementerian Kominfo yang masuk dalam program Digital Talent Scholarship (DTS) diantaranya mencakup pelatihan dalam program ini diantaranya Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Thematic Academy (TA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Fresh Graduate Academy (FGA), Profesional Academy (PROA), Government Transformation Academy ( GTA), Talent Scouting Academy (TSA), dan Digital Leadership Academy (DLA). 

Keseluruhan skema skema ini dapat dipilih oleh masyarakat secara umum untuk diikuti sesuai dengan bidang kepakaran dan minat. Pelatihan dari Kementerian Kominfo diselenggarakan secara gratis bagi masyarakat.

Untuk diketahui bahwa kerjasama  Pemkab Blora dengan  Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo telah dilakukan pada Selasa (9/11/2021) tahun lalu. Dengan ditandatanganinya kerjasama  tersebut, nantinya Kementerian Kominfo akan memberikan beasiswa pelatihan peningkatan kapasitas SDM untuk Kabupaten Blora dengan jumlah kuota hingga 5 ribu peserta.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kominfo Blora, Plt Kepala Dindagkop Blora. (Tim Liputan Prokompim)


Info