17 April 2023   10:16 WIB

Siapkan Keamanan Arus Mudik, Obyek Wisata dan Pusat Kuliner Diminta Bersiap Sambut Pemudik


 
BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora terus melakukan persiapan dengan Forkopimda agar momen libur Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H baik dari lalu lintas arus mudik, pengamanan ibadah, hingga kondusifitas wilayah, dapat berjalan lancar dan aman.
 
Tak hanya itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, juga meminta agar obyek wisata hingga pusat-pusat kuliner untuk turut serta bersiap, dalam rangka menyambut para pemudik yang datang ke Kabupaten Blora.
 
“Selain menyiapkan tadi, tolong dinas-dinas terkait agar disiapkan tempat wisata yang ada di Blora, seperti tempat-tempat wisata yang mungkin ada event hiburannya tolong didata dikoordinasikan seperti apa, juga pusat-pusat kuliner agar disiapkan. Banyak yang tanya, apakah selama lebaran ini pusat kuliner buka, tentu ini harus kita berikan informasi biar nanti para pemudik bisa nyaman saat berada di Blora,”ungkap Bupati saat menghadiri Rakor Lintas Sektoral Dalam Rangka Menghadapi Idul Fitri 1444 H, di Aula Aryaguna, Polres Blora, Jumat (14/4/2023).
 
Bupati ingin, agar para pemudik dapat merasa aman dan nyaman saat kembali ke Blora, sehingga persiapan jelang lebaran  ini perlu dilakukan secara matang melibatkan lintas sektor. Dalam rapat koordinasi tersebut juga menghadirkan seluruh jajaran Polres, dan OPD terkait seperti Dinrumkimhub, BPBD, DPU PR, Dinas Kesehatan, PMI, Satpol PP, Dindagkop,serta MUI, Kemenag Blora, PLN, hingga PT KAI Stasiun Cepu.
 
 “Dengan datangnya para pemudik ini kita harus membuat  suasana Blora yang aman, nyaman  dan tentram, tentu sinergi antara Pemkab, Polres, Kodim dan Batalyon 410/Alugoro, serta seluruh pihak terkait akan terus kita lakukan dalam mempersiapkan Lebaran Hari Raya Idul Fitri di Blora ini,” tambahnya
 
Disampaikan, persiapan pengamanan ibadah Idul Fitri 2023 di tempat-tempat ibadah perlu dilakukan, termasuk adanya kemungkinan perbedaan jatuhnya 1 syawal.
 
Pihaknya juga ingin, agar selama lebaran ini fasilitas layanan kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit untuk disiapkan, termasuk Bupati juga meminta agar dokter yang berjaga di UGD  rumah sakit dapat ditambah.
Pos Pengamanan
 
Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Blora AKBP Fahrurrozi, menyampaikan pemaparannya berkaitan dengan rencana pengamanan dalam menghadapi Idul Fitri tahun ini. Untuk memastikan kelancaran lalu lintas arus mudik di wilayah Blora., Polres Blora telah menyiapkan sejumlah pos yang tersebar di berbagai wilayah.
 
“Pos pengamanan (Pospam) akan disiapkan di Sendangharjo Blora,  Pospam Sambiroto Kunduran, Pospam Medalem Kradenan, kemudian Pos Pelayanan di Alun-Alun Blora, dan Pos Terpadu di Ketapang Cepu,” rincinya
 
Selanjutnya, pihaknya juga memaparkan berkaitan dengan potensi-potensi kerawanan yang perlu diantisipasi selama momen lebaran tahun ini. Termasuk juga pihaknya meminta agar perlintasan kereta tanpa palang, maupun jalan-jalan yang berpotensi rawan kecelakaan untuk diantisipasi.
 
“Mudah-mudahan bisa kita cegah, kita minimalisir potensi terjadinya kecelakaan, kita minta bersama  dinas terkait juga untuk dicek kembali mana saja jalur maupun titik yang perlu diberikan peringatan maupun himbauan,” imbuhnya
 
Selain itu juga untuk menghindari terjadinya musibah di tempat wisata maupun tempat tertentu, pihaknya juga meminta kepada BPBD maupun dinas terkait untuk turut memberikan pengawasan. Seperti halnya potensi wisata air untuk diperhatikan faktor keselamatannya.
 
Sementara itu, Fungsional pada Dinas Kesehatan Blora, Eko Wahyudi Siswanto, mengungkapkan bahwa fasilitas kesehatan maupun petugasnya akan disiapkan selama libur lebaran ini, baik 26 puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kabupaten Blora. Termasuk UGD maupun poli di rumah sakit diharap agar tetap buka memberikan layanan.
 
“Dinas kesehatan juga membentuk 5 posko kesehatan, yakni di Kunduran, Terminal Ngawen,  Alun-Alun Blora, Cepu, dan di wilayah selatan kami mendirikan posko di Wulung Randublatung,” pungkasnya. (Tim Liputan Prokompim)


Info