30 September 2019   09:42 WIB

IKAPESTA SETDA BLORA SALURKAN BANTUAN AIR BERSIH UNTUK WARGA TERDAMPAK KEKERINGAN

BLORA. Kekeringan yang terjadi akibat dampak kemarau berkepanjangan mengakibatkan ratusan desa di Kabupaten Blora kesulitan air bersih. Kondisi ini mengundang keprihatinan sejumlah komunitas untuk bersama-sama Pemkab Blora membantu desa terdampak kekeringan.
 
Seperti yang dilakukan Ikatan Pegawai dan Staf Sekretariat Daerah (IKAPESTA) Kabupaten Blora pada Jumat (27/9/2019). Sejumlah 25 truk tanki air bersih disalurkan untuk membantu warga terdampak kekeringan di Kecamatan Ngawen, Kecamatan Japah, Kecamatan Jepon dan Kota Blora.
 
Bekerja sama dengan armada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), penyaluran dilepas langsung oleh Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, didampingi Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, para Kabag, bersama seluruh pegawai dan staf lingkungan Setda Kabupaten Blora.
 
Sugeng Riyadi, sebagai koordinator IKAPESTA menerangkan bahwa kegiatan sosial ini diinisiasi oleh teman-teman staf dan pegawai lingkungan Setda yang merasa terpanggil untuk ikut membantu saudara-saudara terdampak kekeringan.
 
“Berawal dari teman-teman, kita iuran. Alhamdulillah disambut baik oleh semuanya dengan baik. Terimakasih untuk Pak Sekda dan para Kabag yang juga ikut berkontribusi dalam acara ini,” ujar Sugeng Riyadi.
Warga Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen, berebut mengambil air bersih di sumur penampungan. (foto: humas)
 
Sementara itu, Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si ketika pelepasan armada truk tanki air bersih, mengapresiasi kegiatan sosial yang digagas oleh teman-teman staf dan pegawai Setda. Menurut Sekda, ini merupakan kegiatan positif yang bisa langsung memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi jiwa sosial teman-teman yang ingin ikut serta mengurangi beban warga terdampak kekeringan. Semoga ini semua bisa bermanfaat, tidak hanya bermanfaat untuk penerima bantuan air bersih, namun juga bermanfaat untuk teman-teman sebagai ladang amal,” ungkap Sekda.

Adapun Kalak BPBD, Sunanto, menyatakan kesiapannya untuk membantu penyaluran bantuan air bersih. Menurutnya Pemkab Blora melalui BPBD juga sudah melakukan penyaluran bantuan air bersih, namun karena belum bisa mencukupi seluruh wilayah terdampak kekeringan sehingga menerima bantuan dari para donatur.

Salah satu titik penerima bantuan air bersih, di Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen. Masyarakatnya berbondong-bondong mendekati truk tanki yang datang membawa air. Mereka langsung mengambil air bersih secara bergiliran yang telah dimasukkan ke dalam sumur penampungan.

“Alhamdulillah ada bantuan air bersih. Biasanya harus cari air sampai jauh karena sumurnya kering. Ini bisa untuk stok dua hari. Terimakasih atas bantuannya,” ucap Lestari, salah satu warga. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)

Info