03 Juli 2019   20:10 WIB

LAUNCHING TANGGAP 119, BUPATI : SEBARLUASKAN KE MASYARAKAT

   Berita
LAUNCHING TANGGAP 119, BUPATI : SEBARLUASKAN KE MASYARAKAT

LAUNCHING TANGGAP 119, BUPATI : SEBARLUASKAN KE MASYARAKAT

BLORA. Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) pada hari Selasa (2/7/2019), melaksanakan launching aplikasi Public Safety Center (PSC) “Tanggap 119”. Bertempat di Ruang Pertemuan Setda, launching secara resmi dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho.
 
Launching dilaksanakan dengan menekan tombol sirine pada aplikasi PSC “Tanggap 119” oleh Bupati, didampingi Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dan disaksikan seluruh Kepala OPD, Dirut RS, perwakilan TNI, Polri, PMI, BPBD, dan Puskesmas se Kabupaten Blora.
 
Menurut Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes, aplikasi ini dibuat untuk memberikan peningkatan pelayanan kegawat-daruratan kepada masyarakat ketika terjadi kecelakaan ataupun musibah lainnya yang berhubungan dengan layanan kesehatan.
 
“Jadi semisal ada kecelakaan di wilayah tertentu, masyarakat yang melihat bisa langsung melaporkan melalui aplikasi berbasis android ini. Aplikasi telah disusun Dinkominfo, terintegrasi dengan seluruh rumah sakit, puskesmas, ambulance, hingga kepolisian,” jelasnya.
 
Bupati Djoko Nugroho memberikan pengarahan dalam kegiatan launching aplikasi PSC Tanggap 119. (foto: humas)
Sementara itu, Kepala Dinkominfo, Drs. Sugiyono, M.Si dalam paparannya menyampaikan bahwa pihaknya sebagai pelayan Teknologi dan Informasi telah berusaha memenuhi permintaan Dinas Kesehatan yang meminta dibuatkan aplikasi PSC “Tanggap 119”.

“Aplikasi bisa langsung didownload di menu playstore yang ada pada hp android masing-masing. Langsung saja ketik Tanggap 119, dan download. Lewat aplikasi ini, nomor pelapor dan foto kejadian bisa langsung terkirim ke seluruh pihak terkait guna penanganan kedaruratan,” terang Drs. Sugiyono, M.Si.
 
Dengan adanya aplikasi ini, pelayanan kedaruratan bisa diberikan lebih cepat dan tidak manual lagi. Melalui aplikasi ini, menurutnya posisi ambulance ketika hendak menuju lokasi kejadian juga bisa dilihat pelapor sehingga bisa diketahui sampai mana pertolongan yang diminta. Kondisi ketersediaan kamar rumah sakit pun bisa dilihat dari aplikasi ini.
 
Menurutnya, di Jawa Tengah baru ada 9 Kabupaten/Kota yang memakai aplikasi seperti ini. Salah satunya Blora dan akan diintegrasikan dengan Kabupaten/Kota lainnya sehingga ketika diluar Blora pun bisa digunakan.
 
Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si memperlihatkan aplikasi PSC Tanggap 119 yang telah terinstal di handphone miliknya. (foto: humas)
Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengapresiasi adanya aplikasi PSC “Tanggap 119” ini. Menurut Bupati, ini terobosan yang baik untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

“Aplikasi ini tidak hanya untuk kita yang hadir disini saja, namun untuk masyarakat luas. Saya minta seluruhnya bisa mendukung dengan cara mensosialisasikan kepada masyarakat luas. Kabarkan bahwa Blora sudah punya aplikasi “Tanggap 119”, agar bisa lebih banyak masyarakat yang terlayani dengan baik,” pinta Bupati.
 
Usai dilaunching Bupati, acara diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menyukseskan penggunaan aplikasi PSC “Tanggap 119” oleh seluruh Kepala OPD terkait, Rumah Sakit, Puskesmas, PMI, BPBD, Damkar, TNI dan Polri. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)

Info