23 Oktober 2019   15:09 WIB

RIBUAN SANTRI LINTAS GENERASI MERIAHKAN HSN 2019

BLORA. Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019, di Kabupaten Blora berjalan meriah, sejak Selasa pagi hingga siang (22/10/2019). Ribuan santri lintas generasi mulai anak-anak hingga remaja, dan para orang tua ikut meramaikan peringatan HSN 2019 di Alun-alun Blora.

Peringatan HSN diawali dengan Apel Akbar yang dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, dan dihadiri Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si, bersama jajaran Forkopimda, dan para tokoh agama. Tidak hanya kaum santri saja, apel juga diikuti anggota TNI, Polri dan pelajar hingga ASN.

Bupati Djoko Nugroho dalam apel tersebut membacakan sambutan resmi dari Sekjen Kementerian Agama Republik Indonesia, yang menyampaikan bahwa tema HSN kali ini adalah “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. 

“Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian. Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama,” ucap Bupati.

Sementara itu, guna mendukung terciptanya perdamaian, Bupati meminta agar seluruh santri di Kabupaten Blora tidak mudah termakan berita hoaks dan menggunakan media sosial dengan bijak.

“Santri millennial jangan mudah termakan berita hoaks, harus bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan kecanduan smartphone, lebih baik kecanduan baca Al Quran dan manut petuah Pak Kyai Pondok masing-masing,” ucap Bupati.

Usai apel, dilanjutkan dengan Pawai/Kirab Taaruf dengan rute dari Alun-alun, menuju Jalan Pemuda – Jl Ahmad Yani – dan finish di GOR Mustika. Pawai juga diberangkatkan oleh Bupati Djoko Nugroho dari depan Gapura Rumah Dinas Bupati, Jl.Alun-alun Utara.

Meskipun cuaca terik, tidak menyurutkan semangat ribuan santri yang mengikuti pawai. Beragam pertunjukan seni ditampilkan, mulai hadroh, drumband, gerak dan tari, seni pencak silat Pagar Nusa, kostum batik carnival, hingga kesenian naga “leang leong” sebagai cermin akulturasi budaya yang bagus di Kabupaten Blora. 

Bahkan ada arak-arakan Banser membawa Bendera Merah Putih raksasa sebagai pembuka pawai, sebagai simbol bahwa santri sangat setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si sebagai Ketua Peringatan Hari Santri 2019 Kabupaten Blora menyampaikan bahwa dalam rangka HSN kali ini, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan baik di tingkat kabupaten maupun masing-masing kecamatan.

“Beberapa hari lalu kita awali dengan ziarah makam para tokoh NU yang sudah wafat. Kemudian ada pembacaan sholawat nariyah secara massal di masing-masing pesantren, masjid dan musholla, guna mendoakan bangsa Indonesia agar tetap aman, damai dan sejahtera. Puncaknya hari ini apel akbar dan pawai taaruf. Ada juga bakti sosial, serta beragam perlombaan untuk santri,” terang H. Arief Rohman M.Si.

Siti Aminah, salah satu peserta apel akbar sekaligus pawai taaruf menyatakan bahwa dirinya senang bisa mengikuti rangkaian HSN 2019 di Alun-alun Blora.

“Saya dari Ngawen, sudah sejak pagi tadi berangkat bersama teman-teman menuju Alun-alun. Alhamdulillah ramai sekali dan meriah. Terimakasih kepada Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati yang sudah bersedia menyaksikan kami pawai hingga selesai meskipun cuaca sangat panas. Semoga bisa membawa berkah untuk semuanya, aamiin,” ujar Siti Aminah. (Tim Liputan  Humas Protokol Setda Blora)


Info