30 Desember 2019   15:09 WIB

HBN 2019 : APAPUN PROFESINYA, JADIKANLAH LADANG BELA NEGARA

BLORA. Peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke 71 tahun 2019 tingkat Kabupaten Blora digelar Senin pagi (23/12/2019) dengan apel bersama di lapangan Kridosono. Apel dipimpin oleh Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, dengan diikuti seluruh jajaran TNI, Polri, Kepala OPD, ASN, Ormas, Organisasi Wanita dan mahasiswa.

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Dandim menyampaikan bahwa tema peringatan tahun ini adalah “Saatnya Bela Negara untuk Kemakmuran Rakyat” dan dilanjutkan membaca sambutan Presiden RI di depan peserta apel, yang menyampaikan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia semakin berat dan beragam bentuknya.

“Bung Karno pernah mengingatkan bahwa perang modern bukan sekedar perang militer melainkan perang yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tetapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI,” ucap Dandim, membacakan sambutan Presiden.

Dalam sambutan itu, Dandim juga menjelaskan terkait penanaman nilai-nilai dasar bela negara yang harus dilaksanakan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat, dari beragam profesi tanpa memandang usia suku agama dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara.

“Bagi birokrasi pemerintahan teruslah mereformasi diri serta meningkatkan transparansi serta akuntabilitas pelayanan publik, yang belajar dan mengajar teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita, yang mengabarkan berita teruslah menjadi penerang informasi masyarakat secara jujur berimbang dan bertanggungjawab,” lanjut Dandim.

Sementara itu untuk yang menjalankan usaha tingkatkanlah terus daya saing secara sinergis dengan segenap tujuan negara, demikian pula segenap masyarakat dengan beragam profesinya.

“Jadikan bidang profesi masing-masing sebagai ladang bela negara,” tegasnya.

Aksi nasional bela negara menurutnya merupakan instruksi Presiden Joko Widodo pada tahun 2018, yang melibatkan berbagai bidang dan tatanan di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.

Apel berlangsung aman, lancar dan khidmat dengan pengamanan dari anggota Polres Blora, Kodim 0721/Blora, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)


Info