30 Desember 2019   15:29 WIB

WARGA KUNDURAN “SAMBATAN” BEDAH RUMAH WARGA KURANG MAMPU

 

BLORA. Rasa kepedulian yang besar terhadap sesama yang membutuhkan ditunjukkan oleh warga masyarakat Kelurahan Kunduran, Kecamatan Kunduran selama dua hari, sejak Selasa (24/12/2019) kemarin hingga Rabu (25/12/2019) ini. Mereka melakukan “Sambatan” (gotong royong-jawa) secara sukarela dan bersama-sama membedah rumah salah satu warga kurang mampu yang ada di kampungnya.

Yakni rumah Bapak Sumaryo (57), seorang penjual baju bekas (kain rombeng) yang tinggal sendirian di rumah reyot wilayah RT 09, RW 01, Kelurahan Kunduran. Pendapatannya yang tidak seberapa itu , tidak cukup untuk memperbaiki rumahnya sehingga warga sekitar sepakat untuk gotong royong memperbaikinya.

Rumah yang sudah rusak dan tidak layak huni di pemukiman padat itu mulai dibongkar bersama-sama sejak Selasa pagi kemarin. Banyak kayu yang sudah lapuk dan tidak bisa digunakan lagi. Begitu juga atap gentingnya sudah usang. Sehingga semuanya dirobohkan dan diganti dengan bahan bangunan baru hasil bantuan para donatur.

Sedangkan para ibu-ibu sedang sibuk menyiapkan minuman, jajanan dan makan siang untuk bapak-bapak yang sedang gotong royong membedah rumah.

Lurah Kunduran, Mugiyono, S.Sos menerangkan bahwa kegiatan bedah rumah ini murni inisiatif warganya yang ingin membantu Pak Sumaryo.

“Pak Sumaryo tinggal sendirian di rumah ini, karena sudah cerai dengan istrinya lama. Sedangkan anaknya ikut istri ke Jakarta. Kita ingin Pak Sumaryo bisa menikmati masa tuanya dengan nyaman. Bedah rumah ini kita upayakan bisa berjalan lancar dengan gotong royong bersama,” terang Mugiyono, S.Sos.

Sementara itu, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si yang sempat mampir, mengapresiasi semangat gotong royong warga Kunduran dalam hal sosial seperti bedah rumah warga kurang mampu ini.

“Semangat gotong royongnya luar biasa, warga Kunduran hebat. Ketika mendengar ada gotong royong ini, saya sempatkan hadir. Saya ajak sekalian anggota dewan dapil Kunduran, Mas Munawar. Kita sama-sama membantu Pak Sumaryo bersama warga Kunduran,” ucap Wakil Bupati.

Tidak hanya hadir untuk memberikan bantuan dan suntikan semangat kepada masyarakat Kunduran yang sedang gotong royong, Wakil Bupati yang berperawakan tinggi besar ini juga ikut menuangkan adukan semen untuk pembuatan pondasi rumah.

Sumaryo, selaku pemilik rumah merasa senang ada perhatian yang begitu besar dari warga Kunduran dan jajaran pimpinan daerah dari Lurah hingga Wakil Bupati dan angota DPRD yang ikut gotong royong memperbaiki rumahnya.

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Saya tidak menyangka sampai Pak Wakil Bupati dan Pak Dewan Munawar hadir disini. Semoga kebaikan jenengan semua diberikan balasan yang terbaik dari Allah SWT, aamiin,” ucap Sumaryo yang memakai kaus hitam dan bertopi. (Tim Liputan Humas Protokol Setda Kab.Blora)


Info