18 Januari 2020   16:00 WIB

BOYONGAN DISNAKIKAN, BUPATI RESMIKAN 16 PROYEK KEGIATAN TA 2019

BLORA. Setelah usai dibangun sejak pertengahan 2019 lalu, akhirnya Gedung Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakikan) Kabupaten Blora yang diberi nama Grha Raja Kaya di Jl. Blora-Rembang kilometer 3 Kelurahan Karangjati diresmikan penggunaannya oleh Bupati Djoko Nugroho.

Peresmian dilakukan Bupati dalam acara “Boyongan Kantor Anyar” yang diselenggarakan oleh Disnakikan, Selasa malam (7/1/2020), dirangkaikan dengan peresmian proyek kegiatan Tahun Anggaran (TA) 2019 lainnya.

Setidaknya ada 16 proyek kegiatan TA 2019 yang diresmikan Bupati Djoko Nugroho dengan penandatanganan prasasti, didampingi Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si, Kepala Disnakikan, drh. R. Gundala Wijasena, MP, dan Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Adpem), Drs. Pitoyo Trusingtyas Sarodjo.

Turut hadir perwakilan Forkopimda, Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Blora, Ketua DWP Kab.Blora, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta para Camat.

Adapun 16 proyek kegiatan TA 2019 yang diresmikan Bupati dengan penandatanganan prasasti adalah :

1.      Gedung Grha Raja Kaya (Dinas Peternakan dan Perikanan)
2.      Gedung Sentra IKM (Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja)
3.      Gedung Perpustakaan (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan)
4.      Gedung Pelayanan Administrasi Terpadu (PATEN) Kecamatan Cepu
5.      Gedung Kantor Camat Jiken
6.      Gedung ICU RSUD dr. R. Soeprapto Cepu
7.      Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPAB) RSUD dr. R. Soeprapto Cepu
8.      Gedung Melati RSUD dr. R. Soetijono Blora
9.      Jembatan Nglawiyan Kelurahan Bangkle
10.  Embung Kalangrejo, Kecamatan Kunduran
11.  Pembangunan Pasar Rakyat Banjarejo
12.  Pembangunan Pasar Beras Sidoarjo Kecamatan Cepu
13.  Pembangunan Gedung Pendopo Kecamatan Blora Kota
14.  Fisik Pembangunan Kawasan Wisata Sayuran
15.  Puskesmas Sonokidul Kecamatan Kunduran
16.  Gedung Kecamatan Kunduran Sasana Adi Praja

“Alhamdulillah proyek kegiatan 2019 sudah selesai semuanya dan sebanyak 16 kegiatan kita resmikan mala mini (semalam-red) di Grha Raja Kaya ini. Semoga semuanya bisa untuk mendorong peningkatan kesejahteraan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, saat ini sebagian besar kantor dinas atau OPD di Kabupaten Blora sudah dalam kondisi bagus. Hal ini ditujukan agar Blora terlihat lebih tertata dan bisa menarik investor, serta bisa menjadi pengungkit titik titik ekonomi baru di sekitarnya.

Khusus untuk Disnakikan yang kini menempati Gedung Grha Raja Kaya, Bupati berpesan agar semakin bersungguh-sungguh dalam mengelola potensi peternakan dan perikanan di Kabupaten Blora. Apalagi Blora dikenal sebagai lumbung sapi di Jawa Tengah.

“Alhamdulillah kini Dinas Peternakan dan Perikanan sudah memiliki kantor baru yang layak. Harus punya semangat baru, spirit baru. Tinggalkan kebiasaan buruk, lakukan inovasi. Dinas ini punya posisi yang strategis di Kabupaten Blora karena jumlah sapinya paling banyak di Jawa Tengah. Semoga dengan adanya kantor baru, bisa mendorong spirit pembangunan Peternakan dan Perikanan di Kabupaten Blora,” ucap Bupati.

Untuk bidang Perikanan, Bupati meminta agar embung embung yang baru selesai dibangun bisa diberi bibit ikan untuk tempat pemancingan dan wisata.

“Blora memang tidak punya laut, namun perikanan di Blora juga penting untuk kecukupan gizi anak-anak. Saya minta Pak Gundala bisa menganggarkan bibit ikan untuk disebar di embung-embung yang sudah selesai dibangun,” pungkas Bupati.

Selain penandatanganan prasasti, peresmian juga ditandai dengan pemotongan tumpeng dan dimeriahkan dengan hiburan musik campursari guyon maton bersama Jolang CS. (Tim Liputan Protokol dan Komunikasi Pimpinan Blora)


Info