29 Mei 2021   20:31 WIB

TIM FORUM DOSEN BLORA SIAP SESARENGAN MBANGUN BLORA

 

BLORA. Bupati H.Arief Rohman, S.IP, M.Si pada Sabtu siang (29/5/2021) menerima silahturahmi tim Forum Dosen asal Blora untuk diskusi bersama dalam rangka memajukan Kabupaten Blora. 

 

Bertempat di ruang rapat Bupati, acara dikemas dengan tema Ngobrol Bareng Bupati sesarengan Forum Dosen Asli Blora. Forum Dosen Blora yang datang ke Blora diinisiasi serta dipimpin oleh Prof. Mulyanto dari UNS Solo yang juga putra daerah asli Kedungjenar Blora. Pihaknya menyambut baik undangan ngobrol bareng ini untuk bersama-sama memajukan Blora.

 

"Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada kami. Ijin menyampaikan kepada Bapak Bupati dan jajaran bahwa Forum Dosen ini, rata-rata dosen keguruan, kami mengumpulkan teman-teman yang sepemikiran untuk memajukan Blora. Bagaimana nanti bentuknya dan apa yang dapat kami perbuat, monggo nanti bersama-sama kita obrolkan," kata Prof Mulyanto.

Ada juga Prof. Dr. Suyanta asli Ngawen yang kini menjadi guru besar di UNY Yogyakarta, dan Prof. Yuwana dari UNESA Surabaya, dan masih banyak dosen dosen dari PTN maupun PTS lainnya. 

 

Sementara itu, Bupati Arief Rohman menyambut baik pertemuan ini untuk memaparkan kondisi Blora saat ini.

 

"Perkenankan kami menyampaikan kondisi Blora saat ini, akibat pandemi Covid 19 pertumbuhan ekonomi -4% dan tingkat kemiskinan no 23 sekitar 11,96%. Problem utama kami adalah kondisi infrastruktur yang hampir 77% mengalami kerusakan, untuk hal ini saya minta tahun depan Pak Sekda untuk memaksimalkan 500 M untuk pembangunan infrastruktur," ungkap Bupati.

 

"Jadi memang pekerjaan rumah (PR) besar kita adalah infrastruktur dan air bersih. Dan kami mohon Prof Mul untuk memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM sehingga kerajinan Blora nantinya mampu berdaya saing," lanjutnya.

 

Selanjutnya Bupati menyampaikan harapannya kepada para guru besar yang asli Blora ini untuk bagaimana bermanfaat bagi masyarakat.

 

"Dengan adanya forum ini, saya minta dirumuskan bagaimana langkah kongkritnya agar para guru besar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan saya minta pendapat bagaimana caranya universitas dapat membuka program studi diluar kampus utama, kami siap untuk lahannya" pungkas Bupati.

 

Menanggapi usulan Bupati, Prof. Yuwana yang asli Turirejo Jepon melemparkan ide untuk mengentaskan kemiskinan. 

 

"Pak Bupati matur bahwa salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan adalah dengan meningkatkan pendidikan. Bagaimana kedepan kita dapat bersinergi mungkin dengan beasiswa masyarakat tidak mampu untuk kuliah," usul Prof Yuwana. 

 

Pertemuan yang berlangsung dengan gayeng dan penuh kekeluargaan ini dilanjutkan dengan diskusi sambil menikmati sate ayam khas Blora.

 

Hadir dalam kegiatan ini mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah beserta Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dindagkop dan UKM, Kepala Dinas Pendidikan, Plt. Kepala BPPKAD, Plt. Kepala Dinas Kesehatan. (Tim Liputan Prokompim Blora)


Info