26 November 2021   16:51 WIB

DORONG DATA BERKUALITAS, BUPATI DUKUNG PELATIHAN STATISTIK SEKTORAL BAGI OPD PEMKAB BLORA

BLORA- Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si membuka pelatihan statistik sektoral bagi organisasi perangkat daerah atau OPD Pemerintah Kabupaten Blora, yang digelar di Gedung Bappeda lantai 2, Senin (22/11/2021).

 

Pelatihan tersebut terselenggara dengan adanya sinergi antara Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora, Dinas Kominfo Blora dan Bappeda Blora.

 

Bupati menyambut baik adanya pelatihan statistik sektoral tersebut, hal tersebut juga sejalan dengan program dan visi misi pemerintah daerah berkaitan dengan Satu Data Blora.

Dikatakan Bupati, tersedianya data-data yang baik nantinya akan berguna dalam pengambilan kebijakan.

 

“Dalam rangka untuk pengambilan kebijakan di semua sektor ini berbasis dari data yang ada. Kuncinya adalah pembaharuan data, data yang benar akurat dan valid,” terangnya

 

Bupati berpesan kepada para peserta untuk bisa memanfaatkan pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi dalam statistik sektoral. Pihaknya juga nanti meminta para peserta untuk bisa memberi rekomendasi pada instansinya masing-masing agar terkait data ini bisa semakin baik.

 

“Tolong setelah pelatihan ini saya pengen ada rekomendasi yang bisa dilaporkan, apa saja yang terkait, kepada OPD nanti di breakdown” pesannya

 

Selain itu, dengan adanya data yang berkualitas tersebut nantinya akan berkontribusi dalam pengembangan command center di Kab. Blora kedepannya.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kab. Blora, Nurul Choiriyati mengatakan bahwa bahwa data statistik semakin penting, dan berdampak luas. Selain itu, dibutuhkan kolaborasi antar penyelenggara statistik agar lebih efisien.

 

Dikatakannya, kegiatan pelatihan statistik sektoral ini merupakan lanjutan dari kegiatan bersama yang dilaksanakan Pusdiklat BPS RI untuk Blora. 

 

“Tujuan pelatihan statistik sektoral yang terutama meningkatkan kapasitas untuk pemyelenggara statistik sektoral, dan yang kedua mendukung tersedianya data statistik sektoral yang berkualitas sebagai dasar perumusan kebijakan” pungkasnya

 

Hadir sebagai peserta dari seluruh perwakilan OPD yang ada di Pemkab Blora. Pelatihan akan dilangsungkan pada tanggal 22 dan 23 Novemer 2021. (Tim Liputan Prokompim)


Info