03 Desember 2021   10:25 WIB

BUPATI APRESIASI PEMENANG KRENOVA 2021 DAN DORONG INOVASI PEMBANGUNAN

BLORA. Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pada hari Selasa (30/11) menghadiri acara penyerahan hadiah pemenang lomba penjaringan Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) Tingkat Umum, Pelajar, Mahasiswa dan Perangkat Daerah Kabupaten Blora Tahun 2021. 

 

Acara yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Blora inipun diikuti oleh puluhan produk Krenova dari beragam kalangan. Setelah menjalani serentetan proses penilaian oleh tim juri sebulan yang lalu, kini tiba saatnya pemberian piagam penghargaan dan thropy kepada pemenang.

 

“Selamat kepada seluruh pemenang baik dari kategori masyarakat umum, pelajar, mahasiswa maupun perangkat daerah. Kita ingin agar karya Krenova ini tidak hanya dibuat untuk kebutuhan lomba saja, namun harus bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat,” ucap Bupati Arief.

Pihaknya lantas mendorong agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) bisa terus melakukan inovasi dalam menyukseskan pembangunan daerah dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

 

“Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi tidak bisa kita pungkiri, maka dari itu inovasi harus terus dilakukan agar pembangunan dan pelayanan kita kepada masyarakat tidak ketinggalan dengan daerah lain. Krenova ini salah satunya, harus tepat guna dan tepat sasaran,” tambah Bupati.

 

Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini pun mewajibkan seluruh OPD untuk membuat inovasi agar kedepan Blora bisa menjadi daerah yang lebih unggul dan mampu berdaya saing.

 

“Tinggalkan cara-cara lama, adopsi kemajuan teknologi untuk melakukan inovasi pelayanan. Saat ini semuanya serba digital, kita dituntut cepat dalam melayani masyarakat. Disamping itu, ketika OPD aktif melakukan inovasi juga akan berpengaruh pada besarnya DID yang disalurkan pemerintah pusat kepada daerah. Maka inovasi ini hukumnya wajib,” tegas Bupati.

 

Terkait hasil Krenova, dirinya meminta agar nantinya hasil inovasi dan kreatifitas yang memenangkan penjaringan ini bisa ditampilkan di depan umum dalam acara Hari Jadi Kabupaten Blora. Agar masyarakat bisa tahu dan dapat dilihat potensi pengembangannya.

 

Turut hadir mendampingi Bupati ada Sekretaris Bappeda Kabupaten Blora, Rini Setyowati, SE., MM. Adapun yang hadir dalam acara tersebut adalah para Kepala OPD, Perguruan Tinggi, para mahasiswa, dan tokoh masyarakat.

 

Adapun daftar pemenang penjaringan Krenova 2021 adalah sebagai berikut :

 

Katgori UMUM

Bidang Ekonomi Kreatif 

Juara 1 - PUPUK ORGANIK PADAT ARANG PENGASAPAN LIMBAH TOP karya BASIR dengan nilai 4135,00

Juara 2 - KERJASAMA SALING MENGUNTUNGKAN IKAN LELE, KUTU AIR, CACING SUTRA karya AHMAD ALI YUDIONO dengan nilai 3525,00

Juara 3 - KERIPIK JAMUR JANGGEL karya AHMAD SOLEH dengan nilai 3481,25

 

Bidang Teknologi Tepat Guna

Juara 1 - RANCANG BANGUN ALAT PERAGA INDUKSI ELEKTROMAGNETIK karya DRA.SRI SUSILANINGSIH,M.PD dengan nilai 4000,00

Juara 2 - “I-FOGPONIC: SOLUSI EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PERTANIAN BERBASIS INTERNET OF THINGS” karya ACHLIF NUGROHO WIDI UTOMO dengan nilai 3656,25

Juara 3 - PENGEMBANGAN MICROBUBBLE GENERATOR SEBAGAI TEKNOLOGI PENGOLAH LIMBAH DOMESTIK GREY WATER YANG RAMAH LINGKUNGAN karya DRAJAT INDAH MAWARNI dengan nilai 3556,25

 

Kategori MAHASISWA

Bidang Ekonomi Kreatif

Juara 1 - PEMBERIAN KUE SELEDRI (KUDRI) PADA BALITA SEBAGAI ALTERNATIF PMT karya SINDY AVITA dengan nilai 3168,75

Juara 2 - EFEKTIFITAS EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM SANCTUM L.)DALAM MEMBANTU MENGURANGI BAU BADAN karya SINTA ERLINDRA CAHYANINGTIAS dengan nilai 3100,00

Juara 3 - SUPERFOOD COMBINATION : SNACK SEHAT BERBASIS BELALANG DAN DAUN KELOR GUNA PENINGKATAN GIZI DI KABUPATEN BLORA karya AHMAD NASHIR dengan nilai 3058,33

 

Bidang Teknologi Tepat Guna

Juara 1 - AUTOMATIC FEEDER WITH BIBIS SYSTEM (AMFEEBI) karya DENI TRI WAHYUDI dengan nilai 4337,50

Juara 2 - RANCANG BANGUN PALANG PINTU GERBANG MENGGUNAKAN TENAGA SURYA karya MARIA YOSEPHINE A.E dengan nilai 3437,50

Juara 3 - DC KOMTRIK ACHMAD karya SEVIAN NOOR dengan nilai 3275,00

 

Kategori PELAJAR

Bidang Ekonomi Kreatif

Juara 1 - ALAT MUSIK PETIK DARI BAMBU karya VICKY IRZA VALANDHIKA dengan nilai 3885,00

Juara 2 - BY-LEPPIS karya CHRISTINA PRIHATINI dengan nilai 3093,75

Juara 3 - ES KRIM LEMPUYANG GAJAH karya HECA ANGGREANA dengan nilai 3006,25

 

Bidang Teknologi Tepat Guna 

Juara 1 - “ECO-FRIENDLY BIOPORE COMPOSTER BINS” (TEMPAT SAMPAH KOMPOSTER BIOPORI RAMAH LINGKUNGAN) karya M. ZAIDAN JAUZA'AQILA dengan nilai 4300,00

Juara 2 - LOW PRESSURE WATER FILTER (LOW PREWAFE) karya MUHAMMAD RAFLI KRISHNADANU PUTRA WARDANA dengan nilai 3550,00

Juara 3 - AUTOMATIC WATERING SYSTEM (SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS UNTUK PERAWATAN TANAMAN EFEKTIF DAN EFISIEN) karya AMELIA CLAUDIA FELICIA dengan nilai 3525,00

 

Kategori OPD (Perangkat Daerah)

Juara 1 - UNGKER BLORA karya UPTD PUSKESMAS JAPAH dengan nilai 772

Juara 2 - INOVASI GARDU PENTING "GERAKAN TERPADU PENANGANAN STUNTING" karya UPTD PUSKESMAS TODANAN dengan nilai 711

Juara 3 - PENDAPA JIWA karya UPTD PUSKESMAS BANJAREJO dengan nilai 708

 

Serta menetapkan UPTD Puskesmas Todanan sebagai perangkat daerah terinovatif dengan inovasi sebanyak 30 jenis, disusul Puskesmas Japah sebanyak 24 inovasi, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan 19 inovasi. (Tim Liputan Prokompim Blora)


Info