03 Agustus 2023   12:11 WIB

33 Calon Paskibraka di Blora Jalani Pemusatan Latihan

33 Calon Paskibraka di Blora Jalani Pemusatan Latihan

33 Calon Paskibraka di Blora Jalani Pemusatan Latihan

 


BLORA- Sebanyak 33 pelajar terbaik dari sejumlah SMA/SMK sederajat di Kabupaten Blora terpilih menjadi calon Paskibraka atau (Capaska) dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2023 tingkat Kabupaten Blora. 

Para pelajar tersebut diasramakan mulai tanggal 1 hingga 17 Agustus 2023, dan akan  dibekali pendidikan karakter, dilatih dan dididik oleh para pelatih dari TNI-Polri dan berbagai unsur lainnya. Pembukaan pemusatan latihan dilakukan oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, Selasa (1/8/2023) di Hotel Blora Mustika.

"Adik-adik adalah 33 putra-putri terbaik Kabupaten Blora yang telah dinyatakan lolos seleksi melalui berbagai proses dan tahapan. Mulai hari ini akan dididik dan dilatih sebagai pasukan pengibar bendera merah putih pada peringatan hari ulang tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023 yang akan datang," terang Bupati.

Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu mengungkapkan,  pendidikan dan pelatihan kepada 33 Calon Paskibra untuk memantapkan kesiapan mereka, sehingga saat bertugas nantinya bisa berjalan lancar. "Proses yang akan adik-adik jalani ini bertujuan untuk memantapkan ketahanan fisik maupun kesiapan mental, demi suksesnya pelaksanaan sebuah misi dan tugas penting.  Yaitu pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT RI." 

Bupati berpesan kepada 33 calon Paskibraka  Blora itu untuk berlatih dan mengikuti pendidikan yang diberikan para pelatih dengan serius. "Perlu dipahami bahwa salah satu puncak keberhasilan upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ini berada di pundak pasukan pengibar bendera. Maka berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tekun dan serius! Patuhi dan ikuti semua pesan dan instruksi pelatih! Jaga kedisiplinan, perhatikan kesehatan dan tetap jaga kekompakan sebagai teamwork! Dengan modal itu, adik-adik InshaAllah dapat melaksanakan tugas dengan baik," pungkas Bupati Arief. 

Kepada para panitia diminta untuk mengantisipasi sedini mungkin faktor-faktor non teknis yang bisa mengganggu proses pelaksanaan pengibaran bendera nantinya dan sejumlah kejadian lain yang tidak kita inginkan, sehingga momen yang sakral ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Terpisah, Kepala Bakesbangpol Blora, Agus Puji M menuturkan bahwa peserta pelatihan tersebut terdiri dari 20 pelajar putra dan 13 pelajar putri yang telah terpilih usai mengikuti serangkaian proses seleksi.

Sementara itu,  berbagai unsur seperti Kodim 0721 Blora, Polres Blora, Bakesbangpol, Dinas Kesehatan, hingga Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Blora turut dilibatkan dalam pemusatan pelatihan . Untuk materi yang diberikan diantaranya materi pelatihan pengibaran bendera, wawasan kebangsaan, pendidikan karakter dan sebagainya. (Tim Liputan Prokompim)


Info