08 Agustus 2023   11:06 WIB

Sekda Blora Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Blora tahun 2023

Sekda Blora Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Blora tahun 2023

Sekda Blora Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Blora tahun 2023


 
BLORA - Suasana Alun-Alun Kabupaten Blora, Minggu (6/8/2023) terlihat ramai dipenuhi anak-anak yang  datang mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, SMP.  Mereka nampak ceria bermain dan menyaksikan berbagai macam hiburan,  dalam gelaran Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Blora tahun 2023.


Mengawali acara, anak-anak diajak untuk senam bersama. Setelah itu mereka bisa menyaksikan aneka penampilan bakat menyanyi, pantomim, puisi, barongsai, hingga bersholawat dan hafalan surat pendek, dan sebagainya.


Tak hanya itu, aneka games seperti dakon, menggambar, permainan ular tangga, dan permainan lainnya, turut membuat suasana semakin meriah.Di peringatan HAN 2023 tingkat Kabupaten Blora itu, acara dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Blora, Forkopimda Blora, Kepala Dinas PPPA Provinsi Jawa Tengah, Bunda Forum Anak Kabupaten Blora, Kepala OPD Pemkab Blora, Forum Anak Blora, serta ratusan guru dan pelajar. Nampak ekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si beserta Ketua DWP Kab Blora turut hadir mendampingi Bupati.
 
 
Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyambut baik peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 di Blora tersebut. 


Selama ini, demikian Bupati Arief, komitmen terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Blora juga diapresiasi oleh pemerintah pusat melalui penghargaan Kabupaten Layak Anak.


"Alhamdulillah Kabupaten Blora bisa naik kelas dan mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak 2023 kategori Madya. Penghargaan ini persembahan khusus kami untuk anak Blora dalam rangka Hari Anak Nasional ke-39 Tahun 2023. Semoga pada kesempatan mendatang bisa meraih Nindya dan Utama," terang Bupati


Ia ingin agar peringatan HAN 2023 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” ini bisa meningkatkan semangat dan partisipasi seluruh pihak untuk semakin peduli terhadap anak.


Untuk itu,  momentum peringatan Hari Anak Nasional adalah saat yang tepat untuk menggugah kepedulian dan partisipasi kita dalam menghormati dan menjamin hak-hak anak dan individunya tanpa diskriminasi.  Memberikan yang terbaik, menjamin kelangsungan hidup dan menghargai pendapat anak-anak.
 
 
 Jangan Putus Sekolah

 

Dihadapan para anak-anak, Bupati berpesan agar mereka bisa menempuh pendidikan hingga jenjang SMA/SMK bahkan Perguruan Tinggi.
Kepada seluruh jajarannya dan masyarakat Blora, Bupati yang akrab dipanggil Mas Arief itu minta agar kedepan tak ada lagi anak-anak Blora yang putus sekolah maupun tidak bersekolah.


 Ditegaskan,  pendidikan itu penting, sebagai bekal anak-anak untuk kehidupan yang lebih baik kedepannya. Termasuk karena mereka akan menjadi penerus di kemudian hari untuk memajukan Kabupaten Blora. "Terus semangat untuk menggapai mimpi, karena kalianlah generasi penerus kami!," pesannya," pungkasnya

Berbagai Kegiatan

 

Bupati juga mengapresiasi seluruh pihak dan panitia Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Blora tahun 2023 dalam bentuk Festival Dolanan Anak,  yang melibatkan secara langsung anak-anak untuk mengenal, belajar sekaligus mengaktualisasikan diri.
 Tak hanya itu, untuk meningkatkan gizi, anak-anak juga dihimbau untuk makan makanan bergizi, serta  diajak untuk gemar minum susu maupun tablet penambah darah agar tidak anemia.


Selain itu turut diserahkan 1.000 bendera merah putih kepada masyarakat oleh Badan Kesbangpol; kemudian bantuan bibit tanaman dari Perhutani KPH Blora.

Berikut bantuan sembako 1.000 paket oleh Wakapolri kepada penjaga sekolah, petugas kebersihan, dan masyarakat; kemudian bantuan sembako Pemkab blora 350 paket bagi penerima manfaat bagi kelompok lansia, disabilitas dan masyarakat kurang mampu. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Sentra Margo Laras Pati, Kemensos dan Baznas Jateng;

Selanjutnya juga diserahkan bantuan dari DLH Blora berupa mesin pilah sampah, box pilah sampah, becak sampah dan pupuk kompos.  
Juga Bantuan bibit durian dan ikan lele dari DP4 Kab Blora dan bantuan droping air bersih dari BPBD kerjasama Baznas dan Dinsos Blora.
 Di acara itu, juga dilakukan Deklarasi Anak Blora Bermedia Sosial oleh Forum Anak Blora, dengan disaksikan Bupati Blora, Bunda Forum Anak Blora, Kepala Dinas PPPA Jateng.


Juga  diserahkan beberapa penghargaan oleh Bunda Forum Anak kepada pemenang berbagai lomba.  Seperti lomba Video Tiktok Hari Anak dan apresiasi kepada Forum Anak dan Bunda Forum Anak Teladan di sejumlah wilayah.  


Info