08 Agustus 2023   11:11 WIB

Sekda Blora Ikuti Rapat Evaluasi Program Sedekah Telur Pegawai Pemkab Blora

Sekda Blora Ikuti Rapat Evaluasi Program Sedekah Telur Pegawai Pemkab Blora

Sekda Blora Ikuti Rapat Evaluasi Program Sedekah Telur Pegawai Pemkab Blora


 
BLORA - Kegiatan Sedekah Telur yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blora akan terus dimonitoring dan dievaluasi secara berkala.
Evaluasi tersebut dilakukan agar nantinya pelaksanaan kegiatan tersebut bisa semakin matang dan bisa berkontribusi untuk percepatan penurunan stunting di Kabupaten Blora.
 
Untuk itu Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Blora  melakukan Evaluasi Sedekah Telur Pegawai Pemkab menggelar rapat di ruang Pertemuan Setda Blora, Senin (7/8/2023), Rapat dipimpin langsung oleh Ketua TPPS Kab. Blora, Tri Yuli Setyowati, ST, MM yang juga Wakil Bupati Blora dan didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.
 
Tri Yuli menekankan beberapa poin yang akan dibahas dalam kegiatan evaluasi. Yakni, terkait dengan sasaran penerima telur agar bisa semakin spesifik dan tepat sasaran sesuai tujuan kita.
 
Selain itu juga membahas  mekanisme pengumpulan juga proses distribusi telur yang perlu diperkuat. Pelaporan dan monevnya seperti apa.
 
Berkaitan dengan monitoring program, meminta agar kegiatan monev ini bisa dilakukan secara berkala, sehingga bisa terus on the track.
 
“Monevnya harus kita lakukan secara rutin, agar nanti hasilnya bisa kita lihat jadi harus ada before dan afternya setelah gerakan sedekah telur yang kita lakukan pada sasaran,” tambah Mbak Etik, panggilan akrab Wabup Blora.
 
Sasaran Difokuskan
 
Untuk sasaran penerima manfaat disepakati ditujukan kepada pihak-pihak yang berisiko stunting, seperti halnya bayi dua tahun (baduta) berisiko stunting (bukan hanya anak stunting), ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK), calon pengantin KEK. Sehingga bisa mencegah terjadinya kasus stunting baru.
 
 
 
Selain upaya pencegahan tersebut, untuk penanganan stunting, Wabup juga mendorong agar kecamatan bersama pemerintah desa agar terus melakukan intervensi baik spesifik maupun sensitif terhadap stunting di wilayahnya, salah satunya juga lewat program pemberian makanan tambahan (PMT) dan sebagainya.
 
Dalam rapat tersebut juga dipastikan waktu pendistribusian telur secara serentak hingga format standar pelaporan yang diterapkan di seluruh wilayah-wilayah.
 
Ketua TPPS Blora tersebut juga ingin agar seluruh pegawai Pemkab Blora dapat memiliki kesadaran bahwa telur yang disedekahkan untuk masyarakat yang berisiko stunting tersebut akan sangat bermanfaat.
 
“Mari gerakan sedekah telur ini terus kita galakkan, dan seluruh pegawai bisa memiliki kesadaran dan keikhlasan untuk berpartisipasi bersedekah membantu masyarakat kaitannya stunting ini, harapannya kegiatan ini bisa berkelanjutan,” pungkas Wabup Etik. *


Info