15 Desember 2021   10:03 WIB

RESMIKAN LAYANAN ANTAR PASIEN DAN OBAT RSUD BLORA, BUPATI TEKANKAN PENTINGNYA PENINGKATAN PELAYANAN

BLORA- Dalam rangka meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, RSUD dr. R. Soetijono Blora meluncurkan inovasi mobil layanan antar pasien dan motor layanan antar obat bagi pasien rawat jalan. 

 

Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si pada Selasa (14/12/2021) secara resmi melaunching penggunaan mobil layanan antar pasien, motor layanan antar obat dan tempat parkir RSUD dr. Soetijono Blora.

 

Didampingi oleh Direktur rumah sakit, Dewan Pengawas rumah sakit, dan Kepala Dinas Kesehatan Blora.

Dijelaskan Bupati, bahwa rumah sakit tersebut perlu untuk terus berinovasi dalam rangka menghadirkan pelayanan yang berkualitas pada masyarakat.

 

“Untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit, Pak Direktur kami minta untuk terus berinovasi, salah satunya dengan adanya mobil layanan antar pasien. ” terang Bupati

 

“Istilahnya pasien yang sudah sembuh, kalau memang keluarganya tidak ada mobil kendaraan bisa diantar pulang oleh mobil ini” tambahnya. 

Selain itu, pihak rumah sakit juga memiliki motor layanan antar obat yang nantinya dapat melayani distribusi obat kepada pasien. 

 

Tak hanya itu, rumah sakit telah menyediakan fasilitas penunjang berupa lahan parkir yang memadai bagi pengunjung keluarga pasien.

 

“Ada layanan antar obat, jadi kalau ada pasien sudah dirawat perlu obat dan sebagainya bisa diantar. Ini termasuk parkir, lokasi parkir yang semula didepan, dipindah di belakang biar pengunjung keluarga pasien lebih nyaman” jelas Bupati

Disampaikannya, bahwa kehadiran mobil layanan antar pasien ini untuk membantu masyarakat yang mengalami kendala transportasi ketika sudah sembuh dan hendak pulang dari rumah sakit.

 

“Ini biasanya selama ini ada pihak desa mobil siaga, nanti kita sinergikan, kepala desanya punya mobil siaga antar pasien ke rumah sakit. Setelah sembuh, kalau memang belum terlayani (transportasinya) mobil ini siap untuk mengantar pasien pulang” paparnya

Kedepan, tambah Arief Rohman, unit kendaraan rencananya akan ditambah lagi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

 

“Jadi nanti juga unitnya, kami minta untuk ditambah lagi termasuk agar ada inovasi dengan ojek online atau apa untuk pelayanan obat ini bisa ditingkatkan” pungkasnya. 

 

Bupati menjelaskan bahwa RSUD tersebut menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah. Pihaknya mendorong agar peningkatan kualitas pelayanan untuk terus dilakukan.

 

Pihaknya optimis kedepan rumah sakit tersebut akan berkembang lebih maju dan terus berinovasi.

 

“Jadi RSUD ini salah satu penyumbang APBD kita, termasuk yang terbesar. Jadi BLUD kita 47 miliar targetnya, tapi sekarang sudah menembus 50 miliar, dan kedepan kita target bisa sekitar 70 miliar” ucap Bupati

 

“Kami minta RSUD dr. Soetijono Blora untuk terus berinovasi, studi tiru dengan beberapa rumah sakit lainnya. Kuncinya adalah pelayanan dan peningkatan SDM, termasuk pendidikan untuk dokter-dokter kita” pungkasnya. 

 

Direktur RSUD dr. Soetijono Blora, dr. Puji Basuki, M.Kes mengungkapkan bahwa saat ini rumah sakit tersebut telah meraih predikat paripurna. Maka kemudian, pihaknya mendorong agar instansinya terus berinovasi.

 

“Semoga dengan momen ini, ini adalah awal untuk mewujudkan mimpi kita untuk meningkatkan mutu layanan RSUD Kabupaten Blora” terangnya. 

 

dr Puji mengungkapkan bahwa saat ini kasus covid-19 sudah mulai mereda, pihaknya berharap agar dengan situasi saat ini dapat menjadi momen untuk meyakinkan masyarakat akan pelayanan RSUD Blora.

 

Termasuk menghadirkan inovasi pelayanan kepada masyarakat berupa antar pasien dan antar obat.

 

“Mudah-mudahan dengan ini kita bisa meyakinkan masyarakat, agar pelayanan kita akan lebih bagus lagi. Utamanya nanti ada pelayanan antar pasien dan kita gratiskan untuk pelayanan antar pasien , begitu juga dengan antar obat” ungkapnya

 

Selain meningkatkan sarpras, pihaknya juga akan terus berupaya untuk menyediakan SDM yang lengkap dan berkualitas agar pelayanan semakin prima.

 

“Bahkan kita juga akan berkejar dengan dokter spesialis agar kita walaupun tipenya C, namun tipe C yang lengkap, dengan nanti menggandeng center-center pendidikan, sehingga mereka-mereka dokter spesialis bisa masuk ke rumah sakit kita” katanya. 

 

Dikatakannya, kedepan dengan dukungan dan motivasi dari Bupati Blora, armada-armada pelayanan tersebut bisa ditingkatkan jumlahnya. Sehingga bisa mencakup seluruh wilayah kerja di Kabupaten Blora. 

 

Dalam kegiatan launching tersebut, Bupati Blora turut menyampaikan pengarahan kepada manajemen rumah sakit sekaligus memberikan motivasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat (Tim Liputan Prokompim)


Info